Stop Plastic Bag

Ada satu hal yang bikin saya gelisah ketika sedang berjalan-jalan diluar rumah, apalagi ketika saya mengantri di line kasir di suatu pusat perbelanjaan. Sering berdenyut hati dan kepala saya ketika melihat seorang pembeli yang baru saja menyudahi acara belanjanya dan begitu tiba di kasir, takjub saya melihat belanjaannya yang begitu banyak dibungkus oleh belasan kantong plastik !

Prilaku konsumen yang selalu ingin barang belanjaannya dibungkus dengan kantong plastik membuat saya tak habis pikir, apalagi misalnya si pembeli hanya membeli sekotak balsem kecil di warung depan rumahnya, tapi dibungkus oleh satu kantong plastik. Padahal ia bisa membawanya tanpa kantong plastik itu! Ini bukan masalah 'lha wong gratis kok kantong plastiknya dari penjualnya' atau 'lha kan yang ngasih kantong plastik si penjualnya', bukan masalah itu ! Mental penjual kan memang seperti itu 'ingin memberikan yang terbaik bagi konsumennya', masa ada penjual yang mengatakan 'maaf bu, gak usah pake kantong plastik yaa', bisa2 dia dikatakan penjual yang pelit ! Nah, sebagai pembelilah yang harus bijak untuk mengatakan 'Barang saya tidak perlu dibungkus, saya saja yang membawanya sendiri'. Itu baru pembeli yang peduli terhadap lingkungannya.

Menurut info yang saya ambil dari http://dietkantongplastik.info/ , Rata-rata pemakaian kantong plastik per orang di Indonesia adalah 700 lembar per tahun. Sampah kantong plastik saja di Indonesia mencapai 4000 ton per hari atau sama dengan 16 pesawat Boeing 747, sehingga sekitar 100 milyar kantong plastik terkonsumsi per tahunnya di Indonesia. Produksi kantong plastik tersebut menghabiskan 12 juta barel minyak bumi yang tak bisa diperbaharui, yang setara dengan 11 Triliun Rupiah. Jadi tunggu apalagi kalau mau menciptakan perubahan pada bumi ini? Nunggu pemerintah ? kelamaan lah, keburu datang bencana banjir akibat sampah-sampah itu. Yang terbaik ya ubahlah dari diri sendiri dan keluarga kita.

Kita bisa mulai saat membeli barang di warung kita sedang membawa tas, masukkan saja barang yang sudah kita beli di tas kita, TIDAK PERLU DIBUNGKUS LAGI OLEH KANTONG PLASTIK ! karena tumpukan kantong plastiklah yang membuat TPA kita menumpuk ! Kantong plastik tidak dapat didaur ulang kembali sehingga pemulung tidak akan memungutnya sehingga yang ada hanya menumpuk saja di TPA !!! bayangkan kalau kantong-kantong plastik itu terbakar oleh sengatan matahari, gas sisa pembakaran yang dinamakan gas dioksin akan membuat sel-sel kanker pada manusia yang menghirupnya !!! jadi alangkah mulianya anda semua jika mulai hari ini belanja di supermarket (Hero, Carrefour, Hypermart, dll), departemen store (SOGO, Metro, Centro, dll), ataupun warung sebisa mungkin hindari jasa pembungkusan dengan kantong plastik ! mungkin banyak diantara anda semua yang masih dapat menggunakan kantong plastik dari toko untuk sebagai kantong sampah dirumah, hmm..mungkin pemikiran ini masih rasional secara saya juga dirumah untuk membungkus sampah yang ga bisa didaurulang dengan plastik dari carrefour tsb, tetapi bagaimana dengan kantong-kantong plastik kecil (biasanya yang dari warung, yang berwarna hitam) ? kantong plastik semacam itu tidak akan anda perlukan kembali dirumah anda dan kantong plastik semacam itu hanya akan anda buang saja. percuma kan yaa. Kita memang gratis mendapatkan jasa pembungkusan itu, tapi bukan itu masalahnya. Jika anda mau berpikir sedikit lebih panjang, plastik itu nantinya akan membahayakan lingkungan kita. Karena itu penting sekali untuk membawa sendiri tas belanja anda agar tak perlu lagi menerima kantong plastik dari si penjual.
Selalu bawa wadah dan plastik jadul didalam tas sebelum bepergian

Nah, untuk kantong plastik dari supermarket, kita malah sering diberi kemudahan untuk membawa belanjaan kita ke kendaraan di parkiran, yaitu kita diijinkan membawa kereta dorong belanjaan kita sampai dimulut bagasi mobil kita. Nah, ini akan me’lancar’kan maksud mulia kita untuk tidak perlu membungkus belanjaan dengan kantong plastik lagi kan ? kita tinggal memindahkan belanjaan kita itu ke bagasi mobil (untuk barang yang ukuran besar seperti sapu, ember, dll tidak perlu plastik lagi bukan?). Kalau memang belanjaannya banyak sekali, yah pakailah kantong belanja anda sendiri.
Beli kue pun saya selalu pakai plastik jadul dari toko tsb
Saya salut melihat salah satu pusat perbelanjaan dari Prancis, Carrefour, yang menjual tas belanja 'ramah lingkungan'.
Contoh tas belanja Carrefour
Kantong belanja ini seharusnya senantiasa dibawa oleh pembeli untuk setiap kali belanja ke carrefour, karena itu bergaransi 6 bulan, jika tas rusak bisa diganti. Walaupun ga gratis, itung2 itu investasi kita untuk lingkungan yang lebih baik !

Lalu, bagaimana dengan penggantian plastik ke kantong kertas atau kardus? ya memang kertas lebih mudah terurai daripada plastik, tetapi menurutku tetap yang terbaik kita bawa kantong belanja sendiri, karena biar bagaimanapun juga kertas kan bahan bakunya dari kayu (pohon) kan, jadi tetap saja untuk membuat kardus pun pohon harus ditebang, kasian kan :(

Yuk, selamatkan bumi dari lautan sampah plastik sekarang juga. Untuk masa depan anak2 kita yang lebih baik baiknya kita pun mewariskan tempat tinggal yang sehat untuk mereka bukan? :)

Comments

Popular Posts