GERAKAN TANPA SAMPO

Kebetulan lagi asik-asiknya googling ketemu berita yang menggugah hatiku, di berita tersebut dikatakan bahwa di Australia ternyata ada yang namanya 'no-poo' movement alias Gerakan Tanpa Sampo. Kenapa gerakan ini tiba-tiba mencuat? Ada apa dengan sampo? 

Menurut ahli kulit kepala atau trikologis David Salinger, salah satu alasan yang mungkin membuat orang meninggalkan sampo adalah teori bahwa sampo menghilangkan minyak alami dari kulit rambut. Akan tetapi teori tersebut tidak dapat diandalkan karena produksi minyak alami di rambut tidak terpengaruh oleh sampo. Studi telah menunjukkan bahwa minyak, sebum, dari kulit kepala diproduksi secara konstan terlepas apakah anda menggunakan sampo sekali dalam sehari atau sekali dalam seminggu. Walaupun Salinger ini bukan orang yang menyetujui bahwa semua orang dapat mengikuti gerakan ini ya. Di samping itu, sampo mengandung beberapa bahan kimira sintetis yang tidak baik untuk kesehatan rambut itu sendiri dan kesehatan keseluruhan. Diantaranya adalah SLS (sodium laureth sulfat) dan senyawa sulfat lainnya yang bisa bikin kulit kering dan iritasi dan paraben (pengawet) yang kabarnya bisa mengganggu hormon. Mungkin masih ada lagi kandungan yang sebenernya dapat mengganggu kesehatan rambut selain sulfat dan paraben tadi ya.

Bersumber dari website ini pada tahun 2007, salah satu radio host di Sydney mendapat respon positif pada sebuah cerita tentang seorang laki-laki yang tidak pernah bersampo selama lebih dari 1 dekade (10 tahun), dia menantang orang-orang untuk hidup tanpa sampo selama 6 minggu, berdasarkan New York Times, lebih dari 500 orang mencobanya, dan 86% melaporkan bahwa rambutnya lebih baik atau sama saja dengan bersampo.

Akhirnya pada bulan September 2014 saya memutuskan untuk ikut gerakan ini. Dan inilah komentar saya setelah 2 bulan pertama mengikuti gerakan tersebut di timeline Facebook saya .

Pada Bulan November 2014 saya pernah menulis sebagai berikut.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sesuai janji, saya akan update perihal saya yang sudah mengikuti gerakan anti shampoo. Hari ini tepat 2 bulan saya sudah meninggalkan shampoo Loreal tercinta. Keramas hanya pakai air, dua kali sehari setiap mandi. Ini juga saya terapkan ke kedua anakku. Hasilnya? menakjubkan (biarin, biar lebay dikit). Karena apa?

1. Dengan keramas memakai air saja kita terbebas setidaknya dengan zat-zat kimia buatan yang terkandung dalam sampo yang kabarnya bakal masuk juga ke pembuluh darah kita dan punya efek negatif untuk kesehatan, 

2. Kita sudah berperan dalam mengurangi limbah deterjen untuk bumi ini,

3. Kita sudah berperan mengurangi sampah plastik (botol shampoo),

4. Ga ada lagi cerita mata pedih kelilipan shampoo,

5. Lebih hemat donk tentunya, air sisa keramas aja saya tampung untuk pel lantai lho hehe..saya ngepel ga pernah pakai obat pel, hanya air dan air.

6. Rambut pun TIDAK PERNAH LEPEK SAMA SEKALI , beda banget ketika pakai shampoo dulu jika telat dikit aja keramas rambut terasa berminyak dan kalau udah gitu bisa bad mood seharian, di towel dikit aja mau ngamuk rasanya haha..gimana gak ngamuk, lha wong lepek plus bertaburan salju ketombe.Sekarang? adekku aja kemarin pas berkunjung ke rumah sampai nanya rambut diapain tuh kok bisa ngembang2 gitu? aku jawab cuma pakai air aja. Dia kaget banget dan mau coba juga. Oiya kakakku malah udah mengikuti aliran no-sampo ini loh, cuma dia ga ekstrim, keramas samponya cuma 4 hari sekali, lalu sekarang malah seminggu sekali. Kata dia ga ada beda kok sama sampoan, tapi dia masih ngejalaninnya setengah2 jadi masih terasa gatal kepalanya. Saya? rambut terasa gatal banget cuma di 2 minggu pertama, setelahnya indah nian *serius

7. Kalau masalah ketombe, sampai sekarang pun masih ada tapi sedikiiit bgt (eits aku tipe rambutnya memang dari dulu ketombean n berminyak bgt). Itu juga ketombe ada kalau saya memang lagi terburu-buru keramasnya jadi cuma asal kena air doank ya gatal jadinya kepala. Harus dipijit2 pas keramas seperti layaknya keramas pakai shampoo aja sih. Paling enak emang kalau pakai shower, ga perlu dipegangin showernya jadi bisa bebas memijit-mijit kepala sembari air shower mengaliri rambut kita.

8. Jika anda punya anak, akan lebih gampang mengajarinya untuk mandi sendiri, lha gimana ga gampang lha wong cuma keramas pakai aer doank.
Rambut-rambut anakku tanpa sampo

9. Gimana masalah bau kepala? Serius deh kepalaku bau dan gatal hebat cuma di dua minggu awal-awal aja, setelah itu hilanglah bau itu. Si adekku kemarin juga nanya ini, ih berani banget ga pakai shampoo, pasti kepala anak2mu pada bau busuk semua yak. Kata saya, silahkan aja cium kepala mereka sekarang kalau mau buktiin. Lalu si adikku mulai ciumin kepala nahl n kimi, dan takjub lagi deh dia "Lhaa kok harum??", ya saya senyum aja karena emang ga tahu harumnya darimana hihi...bonus dari Allah mungkin hehe..

Hayoo siapa lagi yang mau ikut gerakan anti shampoo ? Setidaknya BUKTIKAN DULU deh selama 2 bulan yak *maksa"
-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Dan sampai detik ini pun saya tidak pernah berpikir untuk kembali ke sampo. Hati saya sudah terpatri pada keramas hanya dengan air hehe...
Nah, mungkin bagi anda anda yang kiranya sudah memulai gerakan ini dan ternyata setelah berbulan-bulan rambut masih terasa tidak nyaman, lantas apakah harus balik lagi ke sampo? tentu tidak dong , banyak sekali alternatif natural lainnya untuk benar-benar menghilangkan posisi sampo dalam kamar mandi anda. Saya sendiri sudah mencobanya dan memang hasilnya jauh lebih baik daripada keramas hanya pakai air saja lho. Berikut alternatif lainnya yang sudah pernah saya coba :
1. Baking soda kira-kira 1 sdt dicampur sedikit air sehingga membentuk pasta lalu jadikanlah itu sebagai 'sampo' anda. Haislnya, rambut terasa mengembang dan gak lepek.
2. Cuka apel kira-kira 1 sdm dicampur 2 sdm air, jadikanlah campuran ini sebagai 'sampo' anda silahkan lihat hasilnya sendiri ya. Rambut kayak habis di conditioner , lembuut.
Jika rambut cenderung berketombe, silahkan pakai minyak kelapa murni alias VCO dengan cara pijat-pijat kulit kepala kurang lebih 3 menit supaya minyak kelapa meresap dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. VCO ampuh dalam memberantas ketombe, Saya sudah mencobanya ketika anakku yang kecil Nahl tiba-tiba garuk-garuk kepala, kulihat ada kerak putih dikulit kepalanya, lalu saya pijat pakai VCO dan lanjut keramas hanya pakai air dan voila! ketombe lenyap sama sekali alhamdulillah. Sekarang giliran anda buktikan sendiri. Oiya, kalau mau tahu dimana bisa beli VCO yang terbaik silahkan baca disini.
Lalu, dimanakah kita bisa membeli cuka apel ? ada merk yang cukup terkenal dan ada logo halalnya, yaitu cuka apel Tahesta, bisa dibeli di apotek-apotek terkenal (yang ada di mall kadang jual) ataupun kalau mau beli online banyak kok yang jual contohnya di website tahesta, disitu kita tinggal klik area tempat tinggal lalu muncul nama-nama agen yang menjualnya.
Gambar cuka apel Tahesta diambil dari internet
Lalu bagaimana dengan soda kue atau baking soda atau natrium/sodium bikarbonat? Silahkan beli di supermarket atau toko bahan kimia, pilih yang komposisinya murni natrium atau sodium bikarbonat tanpa tambahan zat anti kempal atau lainnya yah.
Soda kue murni yang saya pakai

BTW, suami saya yang sebelumnya berpikir "gila ah masa keramas gak pakai sampo", akhirnya juga mengikuti jejakku, tapi dia pakai jeruk nipis untuk keramas, hasilnya sama-sama aja tuh dengan sampo.

Yuk tunggu apa lagi untuk mengikuti Gerakan Tanpa Sampo ?

Comments

Anonymous said…
Mba klo abis keramas dijilbabin pas pertama2 barti bakal bau bgt dong y?
ga bau tapi gatal awal-awal kira2 2 bulan di awal, bahkan ada ytg penyesuaiannya sampai setahun. beda orang, beda rambut, beda pula penyesuaiannya :) dicoba saja
Selamat sore, mba Angelin.. Saya Ardani dari majalah Harper's Bazaar, artikelnya menarik sekali, kebetulan saya juga sedang menulis ttg metode tanpa sampo ini, boleh saya minta waktunya utk saya tanya2 ttg testimoni mba Angelin yang sudah merasakan manfaatnya. Kalau tertarik, saya tunggu respon dari mba melalui email saya ardani.sesotyasari@harpersbazaar.co.id
ange said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Mbak ardani maaf ya baru liat komennya. Sudah saya kirim emailnya. Tapi memang saya jarang liat email. Add fb saya saja mbak fb angelin rike mahendra
Unknown said…
Kak keramasnya berapa hari sekaliii?
Anonymous said…
Mbak, kalo buat anak perempuan 3 n 6 tahun dgn rambut panjang blh ga sy terapkan no poo tapi diberikan baking soda,madu n jeruk nipis?
Sy sudah 10 hari no poo tapi masalahnya sy hrs cat rambut 2 minggu 1x utk menutupi uban. Apa bisa mencuci rambut stlh pengecatan hny dgn baking soda? Apakah masalah jika 2 minggu 1x sy pake shampoo? Trims
Taraaa D.L said…
ka kenapa soda kue nya ga boleh ada antikempal nya?
aku jarang-jarang keramasnya hehe.. tapi gonta ganti shampoo malah ubanan sedih deh
Unknown said…
Aku mau coba ah ☺👍👍👍

Popular Posts