SUSU TERBAIK UNTUK ANAK SETELAH ASI


Terlalu banyak pro dan kontra mengenai SUSU. Bahkan lebih banyak yang kontra, parahnya yang kontra justru kebanyakan dari para ahli kesehatan dan para health addict. Dan para ibu pun dibuat galau, mereka termasuk saya bertanya2 susu terbaik apa sih yg bisa diberikan pada anak setelah 2 tahun? Mungkin beberapa ibu tidak segalau saya dalam memikirkan susu ini. Ada yang memilih untuk tdk lagi memberikan susu ke anaknya, dan ada juga yang menganggap susu apa aja oke toh kan cuma segelas n utk nambah2in asupan aja. Beda lagi untuk saya yg kebetulan lagi addict ama makanan sehat. Bagi saya, penting bgt memberikan makanan sehat ke anak karena itu bekal imun dia untuk melawan mikroba jahat. Misi saya mencetak anak2 yang sehat, jauh dari rumahsakit dan obat2an. Dan kenapa saya kekeuh ama susu ini padahal udah banyak ahli kesehatan yg bilang untuk jauhi susu. Acuan utama saya Al Quran, kalau kata Al Quran madu itu penyembuh, langsung ga banyak pikir madu saya jadikan asupan wajib utk keluarga. Begitu juga biji2an disebut di AlQuran sebagai makanan manusia, langsung tak banyak pikir saya masukkan biji2an kedalam diet sehat kami. Nah, begitu juga dgn susu. Susu disebut dalam Al Quran karena bermanfaat untuk manusia. Mangkanya saya begitu penasaran kok bisa susu dibilang buruk utk kesehatan? Apa yg salah dgn susu?


Setelah membaca berbagai artikel dari pakar kesehatan, akhirnya saya mulai mengerti kenapa susu sapi selalu menjadi dilema berkepanjangan. Menurut Dr. Hiromi dan Dr. Mercola (pakar kesehatan idola saya), susu sapi UHT, susu bubuk, dan pasteurized tidaklah sehat. Kenapa? Satu, proses pemanasan merusak enzim pada susu, ada 3 enzim yg dirusak yaitu : enzim laktase (untuk menguraikan laktosa), galaktase (utk asimilasi galaktosa), n pospatase (untuk penguraian kalsium). Susu UHT memang masih bernutrisi tapi suatu makanan bernutrisi tanpa enzim tidaklah sehat disamping dapat memperberat kerja pencernaan kita, dan nutrisi susu sendiri termasuk kalsiumnya akan susah diserap oleh tubuh, percuma. Kedua, susu dari pabrik sudah melalui proses homogenisasi, yaitu proses menghancurkan butiran2 lemak pada susu sapi hingga homogen karena ketika dinding sel lemak pecah berubah menjadi radikal bebas yaitu xanthine oxidase. ini ga sehat tentunya. Ketiga, proses pemanasan juga telah merusak struktur protein dalam susu sehingga jauh dari manfaat sehat susu yang selama ini digembor2kan oleh industri susu.


Lalu apakah manusia benar2 tidak butuh susu? tidak juga, Dr. Mercola masih menyarankan untuk minum susu mentah dimana protein dan lemaknya masih dalam kondisi baik walau memang lemak susu sapi menggumpal2 ketika sampai ke dalam pencernaan manusia, sehingga memang memakan waktu lama utk mencerna susu sapi. Dr. Hiromi pun juga mengatakan kalau susu mentah masih kaya akan enzim, walau sebenarnya Hiromi n Mercola sama2 tidak minum susu. Aneh deh, mereka tahu kalo susu mentah baik tapi kenapa tetap tidak memasukkan susu ke dalam diet mereka yah? Bahkan Hiromi mengatakan ''tidak ada makanan lain yg lebih sulit dicerna daripada susu''..wow segitunyakah susu sapi? Ternyata, susu sapi walau mentah tidak dapat langsung dipastikan sehat! agar dapat bermanfaat utk kesehatan, susu sapi mentah pun masih harus memenuhi sejumlah syarat berikut ini, yaitu : 
  1. Pastikan susu berasal dari sapi jenis A2 (sapi jersey,asia,afrika) bukan dari sapi A1 (Holstein). Kenapa? Protein dalam susu sapi A1 dan A2 sama2 berikatan dengan BM7 (protein kecil yg dapat menyebabkan autis, mengganggu imun). Namun BM7 dalam susu sapi A1 lebih mudah terlepas dan terserap ke dalam tubuh manusia sedangkan BM7 pada sapi A2 tidak terlepas sehingga tidak terserap ke tubuh manusia alias numpang lewat doank. Jenis sapi A1 yang paling banyak berada di United States, New Zealand, Australia, dan Eropa---> Pantesan Mercola tidak mau minum susu, karena didaerahnya ga ada or jarang ada susu sapi A1, kambing apalagi. Begitu juga Hiromi, kalo aku baca bukunya, dia cuma menyebut kata 'susu' yg dimaksud oleh Hiromi adalah susu sapi, dia belum tahu susu kambing rupanya 
  2. Pastikan sapi diberi pakan yg baik, bebas antibiotik dan hormon. Nah, yang ini susah nyarinya. Dulu sapi cuma makan rumput, namun begitu berhadapan dengan demand konsumen yang tinggi, mulailah perekayasaan pada sapi dimulai. Sapi disuntik hormon dan antibiotik agar menjaga kelangsungan hidupnya dan bisa memproduksi susu 3x lebih banyak dibandingkan sapi yg hanya makan rumput. Oke, kalo udah memenuhi syarat diatas apakah sudah bisa dikatakan sehat? Belom, patut diketahui bahwa pada susu sapi terdapat protein alfa s1 kasein yang bisa memicu alergi. Ini beda yah sama intoleransi laktosa. Nah, mengingat begitu banyak syarat tadi akhirnya saya cari tahu terus jadi susu apakah sebenarnya yang paling sehat? Susu apakah yg dimaksud di AlQuran yg banyak manfaatnya utk manusia? 

Akhirnya, saya mulai mencari tahu susu kambing. Dan ini yang saya temukan dari banyak artikel yang saya baca : 
  1. Susu kambing sudah terhomogenisasi secara natural. Kalau sama2 didiamkan susu sapi n susu kambing, maka kalau susu sapi akan terpisah antara yg padatan n yg beningnya, sedangkan susu kambing tetap sama teksturnya. 
  2. Kambing pakannya tradisional aja, bisa rumput, bekatul, dll eh tapi ternyata ada juga istilah kambing organik loh. apa itu? kambing yang dibesarkan tanpa suntikan hormon dan ab, pakannya pun dari rumput organik. jadi kalopun pilih sukam, kudu pastikan dulu itu sukam mentah organik yah ^^ 
  3. Susu kambing tidak terdapat BM7 yang biasa terdapat pada susu sapi. 
  4. Lemak susunya juga lebih kecil drpada susu sapi, sehingga jauh lebih mudah dicerna. 
  5. Protein alfa s1 kaseinnya 89% lebih rendah daripada susu sapi, sehingga aman dari reaksi alergi. 
  6. Ada asam amino yang berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi candida. 
  7. Dan ini yang paling penting bagiku dalam memilih makanan sehat utk anak2ku yaitu : memiliki komponen bioaktif alias beneficial bacteria alias probiotik alami agar dapat membantu menumpas bakteri jahat dalam usus manusia, pastinya ini dapat meningkatkan imun anak. Selain itu, yg terpenting kedua adalah ternyata oh ternyata susu kambing termasuk alkalizing food! kenapa aku begitu concern sama alkalizing food? karena makanan2 alkalizing dapat menjaga pH seseorang tetap basa dan dalam kondisi basa, tubuh seseorang terlindungi dari infeksi mikroba jahat termasuk bakteri dan virus nakal lainnya. Aku orangnya paling sedih kalo anak sakit, maka sebisa mungkin aku beri mereka alkalizing food, dan selama ini aku baca susu termasuk acid food, eeh ternyata tidak untuk susu kambing THIS IS IT ! ini susu yg aku cari2 selama ini ....RAW ORGANIC GOAT MILK.

Terus pertanyaan berikutnya, darimana saya bisa dapatkan raw organic goat milk? Gugling lah olshopnya. Dalam bentuk apakah yang terbaik, bubuk atau cair? Susu kambing cair lah yang terbaik, kalo udah dalam bentuk bubuk berarti udah melalui serentetan proses yg kemungkinan beneficial baterinya udah ilang. Lah kalo dalam bentuk cair, berarti kita kudu dateng ke peternaknya langsung? Ya engga lah, cari olshop yg menjual sukam sudah dalam keadaan beku dengan kemasan plastik tahan panas (HDPE) sehingga susunya aman dari kontaminasi kemasan plastik dan cari yang kemasannya kecil2 alias jangan beli yang kemasannya seliter2, beli yang diplastikin kecil2, kira2 200 ml per bungkus sehingga sekali cair bisa segera dihabiskan, maklum susu mentah kan rentan basi. Ini sekedar analisis dari ibu yang sok tahu yah, bisa bener bisa salah hehe. Owalaah panjang bener ini statuus *gulung tiker cepet2

Comments

Popular Posts