TELUR MENTAH SEHAT

Dulu sering sekali kita dengar nasihat "jangan kebanyakan makan telur, bisa kolestrol n serangan jantung, bahaya!". Well, itu salah besar! Ternyata menurut Mercola telur itu superfood yang sangat diwajibkan makan SETIAP HARI. Malah sebaiknya makan telur maksimal 5 butir sehari loh! Mercola sendiri makan 4 kuning telur mentah setiap harinya.


Nah lantas apa semua jenis telur superfood? Tentu tidak.


Lalu, jenis telur apa yang termasuk superfood?

Telur ayam kampung organik alias telur yang berasal dari ayam yang diternakkan bebas lari-lari di rerumputan, bebas suntikan hormon, antibiotik, dan vaksin. Jadi, berbahagialah bagi siapa yang memelihara ayam lepas dihalaman rumahnya telur yang dihasilkan dari ayam yang bahagia akan membuat bahagia dan kesehatan optimal bagi yang memakannya :) Kata Mercola, ayam kampung (ayam yang dilepas untuk nyari makan sendiri) dibandingkan dengan ayam yang diternakkan secara komersil mengandung :
1/3 lebih sedikit kolestrol
1/4 lebih sedikit lemak jenuh
2/3 lebih banyak vitamin A
2 kali lebih banyak omega-3 fatty acids
3 kali lebih banyak vitamin E
7 kali lebih banyak beta carotene


Kenapa telur disebut superfood ?

karena banyak mengandung nutrisi tentunya, terutama antioksidan lutein dan zeaxanthin (keduanya dari kelas karotenoid yang bernama xanthophyll) yang terkenal sebagai nutrisi untuk penglihatan (mata) kita. mencegah dari penyakit mata seperti katarak dsb. Telur mengandung 2 asam amino yaitu :
Tryptophan --> untuk memperbaiki suasana mood kita

Tyrosine --> untuk kesehatan mental (syaraf)

Telur juga mengandung protein yang tinggi dan lemak. Analisis menunjukkan bahwa dua kuning telor memiliki antoksidan yang setara dengan 25 gram cranberry dan hampir dua kali antioksidan dari sebuah apel.


Bagaimana cara makan telur ayam kampung organik yang baik?

yaitu dengan cara memakannya mentah atau boleh setengah matang, seperti cara orang tua jaman dahulu. Kenapa harus mentah ? karena nutrisi akan rusak dengan pemanasan dan proses pemasakan. Tapi yang wajib diingat, dalam putih telur yang mentah ternyata mengandung zat avidin yang bisa mencegah penyerapan biotin (vitamin B7) ke dalam tubuh. Padahal vitamin B7 ini penting sekali untuk metabolisme lemak, protein, dan karbo. Jika terjadi defisiensi biotin, maka kerja insulin bisa rusak, padahal insulinlah yang berjasa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. bahaya kan? Tetapi Mercola tetap membolehkan makan mentah telur utuh baik yang putih maupun yang kuningnya, karena jumlah biotin dalam kuning telur jauuuh lebih buanyak daripada kandungan biotin yang bisa diikat oleh putih telur. jadi ga begitu masalah. Yang menjadi masalah adalah jika HANYA mengkonsumsi putih telur mentah tanpa memakan si kuning telurnya. Ini menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B7 (Biotin) tadi.


Lalu bagaimana dengan telur setengah matang? 

Itu masih OK, karena si kuning telur biasanya masih mentah, nutrisi masih terjaga, walau nutrisi dari si putih telur sudah berkurang / rusak karena sudah matang. Namun jika si putih telur matang, kabar baiknya adalah dapat menonaktifkan zat avidin tadi dalam mengikat biotin dalam tubuh.

Kimi minum telor mentah

Ini video anak-anakku ketika mereka minum telur mentah, silahkan ditonton ya moms hehe..
Yang ini adiknya...


Yang ini kakaknya...


Bagaimana dengan orak arik telur? 
Ketika telor overcooked (terlalu matang) seperti orak arik telur, kolesterol pada telor menjadi teroksidasi, dan kolesterol yang teroksidasi dapat meningkatkan inflamasi dan beberapa masalah kesehatan lainnya.
Telor orak arik adalah cara TERBURUK dalam mengolah telur. Telur dadar saja sudah kurang baik nutrisinya, apalagi diorak arik (seperti yang dilakukan abang2 ketika membuat nasgor). Sedih ya, padahal dulu saya suka sekali membuatkan anak omelet, tapi sekarang jadi telur mata sapi melulu hehe.

Mertua saya pernah bilang kalau dulu suami pas kecil dan ketika susah makan sering banget dikasi telur ayam kampung setengah matang, dicampur ke susu botolnya. Sekarang saya baru mengerti kenapa si suami otaknya jauh lebih pintar dariku ;p

Nah, begitu saya tahu telur yang kuningnya mentah itu bagus, sejak itu saya selalu memberikan anak2ku telur mata sapi, dimana si kuningnya mentah, putihnya kadang matang kadang juga masih berlendir.


Resep telur mata sapi ala saya?

dengan teflon anti lengket, panaskan sebentar dengan api super kecil. Tanpa minyak sama sekali, lalu ceplok telor mata sapi (jaga ya supaya si kuning telur jangan pecah). Taburkan secubit himalayan salt, kemangi bubuk, lada bubuk, oregano bubuk, kunyit bubuk. Setelah bagian putih telur mulai matang, segera matikan dan angkat dari teflon. Si Nahl dan Kimi suka sekali begitu saya suapin kuning telur mentahnya. Tapi sekarang Nahl, Kimi, dan ibunya ga pernah lagi makan telor mata sapi. Setiap hari (kecuali sabtu minggu free junk food day), kami selalu makan 2 telor mentah (30 detik saja di dalam air mendidih hanya untuk menghilangkan kemungkinan ada kuman di cangkangnya). BB kami meningkat loh :)


Gak takut kena salmonella?

Sejak kapan saya takut sama yang jorok2 hehe..lha wong tempe mentah yang katanya cara membuatnya dengan diinjak injak pakai kaki saja saya kasih ke anak2 dan saya sendiri;p Kata Mercola, kalau telurnya telur free range pasture raised (alias telur ayam kampung organik), maka ga perlu takut salmonella. kemungkinannya kecil sekali, 1 banding 30.000 butir yang kemungkinan terinfeksi salmonela. Mercola sudah makan puluhan ribu butir telur, tapi yang ada dia malah tambah sehat. Kalaupun terjangkit salmonella ga perlu kawatir. Salmonella pada tubuh orang yang sehat tidaklah berbahaya, salmonella itu akan pergi dengan sendirinya seiring dengan imun tubuh seseorang, bila perlu berantas dengan minuman probiotik super. untuk menghindari salmonella, pastikan telur dalam keadaan segar, begitu dibuka tidak berbau busuk, dan ketika di toko harus tidak boleh ada retak cangkangnya.


Apakah ada aturan memakan telur mentah?

Ada, untuk anak maupun dewasa yang sebelumnya belum pernah makan telor mentah or setengah matang, wajib makan dosis sedikit terlebih dahulu. Karena dulu Nahl pernah dikasi telur setengah matang pas umur 7 bulan, tetapi kemudian timbul bentol2 merah diwajahnya. Ternyata aturannya adalah 1 tetes terlebih dahulu, lalu esok harinya 2 tetes, lalu naikkan dosisnya 1 sdt dan begitu seterusnya sampai bisa makan telur mentah 1 butir utuh.


Kabarnya telur dituding sebagai salah satu makanan pencetus alergi, benarkah?

Kalau kata mercola, justru kalau telur dimakan mentah sesuai aturan diatas tidak akan menimbulkan alergi. Alergi disebabkan justru karena telur dimatangkan. Telur matang sudah rusak dan berubah struktur proteinnya, ini menyebabkan alergi.

Dimana saya bisa membeli telor organik?
Di supermarket besar seperti carrefour dan Allfresh biasanya jual telor ayam negeri organik dan telor ayam kampung organik.
Telor organik yang pernah saya beli

Jadi, mari kita makan telur (mentah) sesering mungkin :)

Comments

Popular Posts