PENGALAMAN MAKAN BUNGA

Ini bermula ketika saya sering menemani anak bermain di taman dan saya menemukan banyak bunga kamboja berjatuhan begitu saja di jalanan. Berhubung saya orangnya suka ga tega lihat sesuatu teronggok begitu saja, akhirnya muncul rasa ingin tahu apa yang bisa saya lakukan dengan bunga-bunga ini? Seperti biasa, saya langsung bertanya ke guru besar saya, Mbah Google, ternyata kata si Mbah bunga pada umumnya bisa dimakan! Wah kebetulan saya kan menganut rawfood diet kenapa tidak mencampur bunga-bunga malang itu ke salad saya? Sejak mengetahui hal tersebut, setiap ke taman bersama anakku yang kecil (Nahl), saya mulai melirik bunga-bunga itu. Lama-lama muncullah naluri ke-pemulung-an di diri ini hihi.. karena pada awalnya saya terlalu gengsi untuk jongkok-jongkok ambil bunga, jadi terpaksa Nahl yang saya suruh pungutin bunga-bunganya, modusnya sih untuk ntar maen masak-masakan jadi dia semangat banget ngumpulin bunga yang bagus-bagus doank. Sesampainya di rumah dimakan semua sama emaknya wkwkwk..

Nahl diberdayakan untuk memungut bunga-bunga yang berjatuhan

Pada akhirnya, saya jadi punya kebiasaan mencampur salad saya dengan beberapa kuntum bunga, seringnya saya makan bunga kamboja dan melati karena yang ada ya (yang gratis) cuma itu di taman. Biasanya saya pakai 3-4 kuntum sekali makan bersama salad.

Salad dengan bunga Kamboja, Kenanga, dan Melati
Dan saya sekarang yang lebih berani memunguti bunga-bunga itu sendiri, ga nyuruh-nyuruh si Nahl lagi karena udah ketahuan modusnya hihi..Paling senang kalau lagi jalan bertemu bunga berserakan di aspal.
Hobi baru saya, memungut bunga

Menurut Mbah Google, bunga-bunga yang bisa dimakan adalah bunga Mawar, bunga Lonceng, bunga Daisy, bunga Nasturtiums, bunga Kamboja, bunga Kenanga, bunga Melati, bunga lavender, bunga Tulip, bunga Turi, dll.
Salad saya yang ditemani bunga Kamboja

Selama ini dari 4 bunga yang pernah saya makan diantaranya Mawar, Melati, Kenanga, dan Kamboja yang memiliki rasa ternyaman (bukan enak banget lah yaa, yang enak banget kan indomie #eh) adalah Bunga Mawar, karena memang rasanya manis dan ga ada rasa pahit-pahitnya, tekstur bunganya pun lembut dan warnanya sungguh menggoda.
Pertama kali makan bunga Mawar di kebun mertua :)

Sedangkan yang paling tidak nyaman ketika memakannya adalah bunga Melati karena pahit sekali. Padahal kabarnya mendiang Suzanna (Ratu film horor Indonesia) rajin mengonsumsi bunga, sehingga membuat ia awet muda. Dan bunga yang dipilihnya konon adalah bunga melati, yang sering diidentikkan dengan bau-bauan berbagai makhluk halus. Menurut kabar, almarhumah memakan bunga melati sepiring penuh setiap kali di lokasi syuting. Waaks..kebayang pahitnya rek!
Kalau bunga Kenanga, mungkin karena belum terbiasa dengan wanginya yang kuat jadi memang agak gimana gitu sih tapi enak-enak saja kok, asal sehat mah ya. Awal-awal makan bunga Kamboja juga saya merasa mau muntah tetapi bukan karena rasanya yang tidak enak lho, melainkan karena di otak saya ada yang nyeletuk "ih itu kan bunga kuburan", akhirnya jadi kebayang-bayang pula bau wangi jenazah ketika memakannya! Itulah yang namanya kekuatan pikiran bisa mempengaruhi rasa di lidah ya, hehe.. padahal enak-enak saja kok rasanya cuma teksturnya memang lebih tebal dibandingkan bunga Mawar ya. Dan banyak yang tanya saya bukannya bunga Kamboja bergetah? tidak sama sekali lho, yang bergetah itu batang pohonnya yang kabarnya bisa digunakan untuk mengobati bisul. Caranya : Ambil getah kamboja langsung dari pohonnya dan dioleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul.
Alhamdulillah sekarang-sekarang ini saya sudah terbiasa makan bunga Kamboja, karena saya percaya dengan kekuatan pikiran. Caranya? Saya terus-terusan mensusgesti diri ini "Ayo Ike kapan lagi bisa makan bunga gratisan" dan saya pun lahap memakan bunga Kamboja bersama salad tercinta hehe. Kalau mengenai khasiat bunga, ya karena bunga tentu memiliki khasiat anti inflamasi (anti radang) dan punya sifat anti bakteri sehingga bunga seringkali digunakan sebagai bahan kosmetik untuk kesehatan kulit. Dan mengingat mendiang Suzanna awet muda gara-gara bunga, siapa tahu saya bisa membuktikannya ke diri sendiri, ya gak?

NB :
Berikut manfaat dan khasiat beberapa jenis bunga yang tumbuh di dekat rumah saya :)

KHASIAT BUNGA TELANG :

Bersifat diuretik yang mempunyai kemampuan untuk melancarkan air seni.
Melancarkan sistem dari pencernaan, seperti BAB dan lain-lainnya.
Melancarkan Haid atau menstruasi yang tidak lancar.
Menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat.
Mengobati penyakit kulit seperti mempercepat pematangan bisul.
Pembersih mata dan menyembuhkan mata merah.
Menghitamkan dan mengutkan rambut.
dll.
Sumber : http://tanamanobatq.blogspot.co.id/.../manfaat-dan...

MANFAAT BUNGA KAMBOJA :

bisa digunakan sebagai teh untuk mencegah rematik atau asam urat , meredakan batuk, mengurangi demam, memperlancar keluar air seni, menahan pingsan karena hawa panas meredakan berak karena disentri, dan meredakan sembelit . Dan wangi bunga kamboja bisa digunakan sebagai bahan campuran obat nyamuk, sabun, dan minyak wangi.
Sumber : http://www.1000macammanfaat.com/.../manfaat-bunga-kamboja...

KHASIAT BUNGA ASOKA :

Adapun khasiat bunga Asoka yang sudah banyak dibuktikan orang-orang, antara lain:
Untuk mengobati gejala disentri hemoragik. Caranya dengan menumbuk halus bunga Asoka dan dicampur dengan air bersih.
Untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Caranya dengan meminum hasil rebusan bagian bunga Asoka yang telah dicapur dengan mawar juga daging dalam tanaman lidah buaya.
Untuk mengusir kram pada betis. Caranya yakni dengan meminum air rebusan bunga Asoka yang sebelumnya telah dicampurkan dengan daun sembung juga bunga mawar.
Untuk mengobati luka yang memar. Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka bersama dengan kelopak mawar dan juga umbi daun dewa. Minum teratur.
Sumber : http://sudut-bacaan.blogspot.co.id/.../bunga-asoka-si...

KHASIAT BUNGA MAWAR :


Mengatasi Bengkak di Kaki
Bunga mawar mempunyai manfaat sebagai mengatasi bengkak pada kaki, caranya silakan anda ambil 2-3 bunga mawar lalu ditambah 30gram daun sembung dan di cuci bersih. Lalu rebus dengan air 600ml dan diminum airnya dengan 2 kali sehari.

Kesegaran Tubuh
Bisa menjaga kesegaran tubuh, seperti menyehatkan mata dan membersihkan gigi.

Penambah Bahan Makanan
Di dalam wangi yang harum, bunga mawar mempunyai kandunga vitamin c yang cukup tinggi. Jadi, anda bisa menambahkan

bunga bawar di dalam makanan dan minuman yang anda buat.

Kesehatan Rambut
Kandungan dalam bunga mawar bisa membantu untuk mengatasi masalah kerusakan pada rambut dan bisa merawat rambut tetap sehat.

Mempercantik Kulit
Bunga mawar mempunyai kandungan lemak asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit, sehingga bisa mempunyai kulit yang cantik dan lembut.

Mengurangi Stres
Aroma harum pada bunga mawar bisa menghilangkan rasa yang nyaman sehingga stres yang anda hadapi bisa kembali dalam keadaan tenang. Bahkan masyarakat romawi kuno memanfaatkan bunga mawar sebagai obat despresi.


Sumber: http://kesehatan96.blogspot.com/2013/04/manfaat-bunga-mawar.html#ixzz3nIWOLCq7

Comments

KampoengIlmu said…
menarik sekali infonya, :)
makasih atas sharing annya, bermanfaat (y)
Unknown said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Ichi said…
trims infonya...saya suka salad...
dan ..😊..saya akan mencoba mix dg bunga jg...
Unknown said…
Trims infonya.. bumbu saladnya pake apa Mbak biar enak?
uwah, memang pernah dengar enak jika dibuat teh, tapi belum pernah dengar dibuat salad :D
Anonymous said…
Koq q kebalikannya ya,malahan menurutku melati g pahit tapi mawar malah yang pahit, apalagi mawar merah.kalo mawar putih mirip melati untuk rasanya...
Sri Lestari said…
Klo saya biasa ngunyah bunga melati atau kenanga sebelum ke kantor, belum merasakan khasiatnya. Barangkali karena hanya sekuntum ... maksimal tiga , jadi belum sebanyak Suzana.
Unknown said…
Saya awalnya juga gmn..tapi setelah mencoba ya ga kenapa kenapa...
Marsya said…
Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq^^com...
segera di add Whatshapp : +855969190856
Fia said…
izin comot gambar nya ya kakak untuk keperluan kepenulisan ^^

Popular Posts