Homemade Mayonais



Hujan-hujan nyari mie instan? enggak lah yaw, mending mamam ini dulu yuuk rawfood dikombinasi dengan cooked chicken. So pasti jauh lebih sehat daripada mie instan dan lebih enak (?) hehe.. Ini saladku untuk hari ini. Kebetulan mayonaisnya buatan sendiri, ternyata gampang sekali membuat mayonais yaa (baru tau). Biasanya kalau aku lihatin foto saladku suka ada yang bertanya "itu apa aja?", baik ini campuran dari : bawang merah besar, nanas, labusiam kecil, tomat, bengkoang, dan sawi putih. Aku terbiasa memarut mereka (kecuali tomat) di parutan stainless yang 4 sisi itu loh, aku pakai salah satu sisinya untuk memarut para sayuran ini supaya mudah aku dan anak-anak untuk mengunyahnya. Jika tidak diparut, bisa-bisa anak-anaku menghabiskan salad dengan durasi 2 jaman, mangkanya harus diparut. Bagi yang bertanya resep ayamnya apa? wah ini resep yang setiap hari aku buat, nanti aku akan buatkan artikel tersendiri mengenai resep stik ayamku ini ya, guampang hanya baluran bumbu-bumbu bubuk (tentu aku pilih merk bumbu bubuk yang tidak mengandung caking agent, pengawet dan lain-lainnya ya), selama ini percaya sama merk Jay's dan bumbu-bumbu dari www.clubsehat.com.

Salad dengan perpaduan sayuran, homemade mayonaise, dan chicken steak
Salad dengan taburan biji labu sangrai dan homemade mayo

btw mayonais homemade ini umurnya udah 2 minggu di kulkas tapi masih enak2 aja dimakan, padahal kalau dibaca di mbah google umur mayo homemade hanya 3 hari. Hmmm...salah berarti yaa.. kita gak akan pernah tau kebenaran beberapa teori kesehatan yg beredar jika tidak mencobanya sendiri, kalau ga nekat mesti ni mayo udah tak buang tapi karena aku nekat kubiarin 2 minggu di kulkas ternyata masih enak dan ga buat diare hehe. Bismillah dulu tapi yaaa...

Resep mayo ala aku ( Angelin Rike Mahendra)
- 2 kuning telor.
- 1 sdt munjung mustard bubuk
itu semua diaduk pelan aja ngaduknya. Pakai pengocok telor yang untuk buat kue itu ya ngaduknya, mungkin pakai sendok biasa bisa, namun aku belum pernah coba.
- Minyak 200 ml (supaya sehat 100 ml evoo + 100 ml minyak sayur biasa, kalau bisa jangan 100% minyak sayur).
Nah, masukkan minyak sedikit demi sedikit ke dalam adukan telor mustard tadi, pelan aja ngaduknya sampai berupa creamy teksturnya. baru deh kasih bumbu yang disukai (garam laut, lada, parsley atau oregano terserah aja maunya apa).Kalau aku pribadi sukanya dengan mayo yang memiliki rasa tajam gurihnya, jadi yang wajib sih garam, oregano, dan madu mentah! Semua dikira-kira saja, sambil dicicipi udah pas apa belumnya. Aku suka sekali gurih manis asemnya mayo.
- jeniper 1/2 buah atau kira-kira saja, jangan sampe kebanyakan, nanti kecut sekali rasa mayonya. Jeniper = jeruk nipis peras. Jika tidak ada jeniper, bisa diganti dengan cuka apel, yang penting yang asem-asem saja.

Mustard merk Jay's yang saya pakai

Kapan mayo dikatakan gagal? ketika minyaknya dan kuning telornya memisah, tidak membentuk tekstur cream, namun cair seperti susu basi penampakannya, itu dikatakan mayo gagal. Apa sebab mayo gagal? bisa jadi dikarenakan kita terlalu banyak menuangkan minyak dalam suatu waktu ke dalam kuning telur + mustard yang sedang kita kocok pelan. Seharusnya memasukkan minyaknya memang sedikit demi sedikit namun kontinu, tidak perlu berhenti-henti terlalu lama, pegel kan tangannya hehe.


Jika menemui kegagalan, jangan sedih, jangan kecewa dan jangan dibuang mayonya, kalau mau dibuang silahkan buang ke depan pagar rumahku aja, ku siap menampungnya✌. Loh emang mayo yang gagal bisa diperbaiki? Wess...bisa banget dong ah! Caranya adalah : tinggal tambahkan 1 sdm air ke sebuah baskom, lalu tuangkan secara PELAN-PELAN si mayo gagal tadi ke dalam baskom yang berisi 1 sdm air ini, sambil terus diaduk pelan tiba-tiba teksturnya bisa creamy kembali loh, ajaib, bukan?
Silahkan lihat video berikut (aku ambil dari Youtube) ini mulai dari cara membuat mayonaisnya, lalu chefnya pura-pura menggagalkan mayonya, lalu chefnya mengajarkan bagaimana memperbaiki mayonais yang gagal di menit ke 2:50. Anda bisa melihat tekstur mayo gagal di menit ke 2:19.

Comments

Anonymous said…
Makasih ilmunya mba

Popular Posts