ES KRIM COKLAT MENTAH DARI SUSU SAPI MENTAH (Raw Milk Chocolate Ice Cream)



Setiap wiken anak-anak selalu nagih es krim, maklum kalau hari-hari biasa emaknya kan ga kasih. Sekarang emaknya lebih saklek, ketika komposisi es krim di pasaran tidak berkenan di hati, mulai putar otak, aha! Kenapa engga bikin es krim dari susu sapi mentah ? Akhirnya aku berdua sama suami pertama kali membuat ini es krim, duuuh rasanya? Enaaak bingits! Sampe bikin berantem juga pas es krim udah tinggal beberapa sendok mau dikasi akung yang lagi mampir ke rumah, eeh si Nahl gak kasih, "akung ga usah dikasih lah momi" ih jahatnyoo..haha..Yak mari dimulai saja resepnya.
RESEP RAW MILK ICE CREAM (ES KRIM SUSU SAPI MENTAH):
 

Bahan :
Telor 1 buah
1/2 cup + 1 sdm gula kelapa 
Biji vanilla (kemarin aku ga pakai)
2 cups raw cream*
1/2 cup raw milk
1/4 cup Cocoa powder (skip jika ingin es krim vanilla (putih polos)
Cocoa bubuk yang saya pakai
Cara buat :
1. Di baskom besar, kocok telor hingga putih dan kuningnya menyatu.
2. Di baskom kecil, campur dan aduk gula kelapa, cocoa bubuk, dan garam sampai merata.
3. Di baskom sedang, isi raw milk dan sebagian raw cream, lalu campurkan campuran cocoa tadi (dari baskom kecil). mixer sampai tercampur merata.
4. Pada baskom besar, tambahkan biji vanilla dan sisa raw cream. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
5. campurkan semua menjadi satu di baskom besar tsb. Masukkan ke ice cream maker. Punyaku ice cream makernya jadul jadi harus pakai es batu dan garam krosok selama 30 menit diputar.
6. Tuang ke wadah es krim
7. Masukkan ke friser.
8. Hari ke-1 (sebenarnya tidak perlu sampai berganti hari, kuncinya begitu es krim udah agak beku segera keluarin untuk dimixer, keluarkan es krim dari friser tunggu bekunya agak cair, mixer 5 menit. Masukkan kembali ke friser.
9. Beku ke-2, kembali keluarkan es krim dari friser tunggu bekunya agak cair, mixer 5 menit. Masukkan kembali ke friser.
10. Beku ke-3, kembali keluarkan es krim dari friser tunggu bekunya agak cair, mixer 5 menit. Masukkan kembali ke friser.
11. Tada! Raw Ice Cream telah siap disantap karena tekstur sudah mengembang dan persis dengan es krim di supermarket.

*Cara ambil raw creamnya : 5 L susu mentah dimasukkan ke wadah besar, masukkin ke kulkas. Diamkan minimal 24 jam. Nanti akan berpisah lapisan cream ada di bagian atasnya, ambil creamnya saja dengan hati-hati pakai sendok makan, memang makan waktu lama untuk mengerjakannya, dinikmati saja ya. 4 L raw milk mengandung kira-kira 2 cups cream.


Comments

Popular Posts